aringga96 Blog

Perkenalkan Saya Riza. Selamat Datang di Blog Saya

Friday, November 1, 2019

Mereview Startup Bisnis Pemesanan Tiket Pesawat Traveloka

Pendiri dan Sejarah Traveloka


Pria lulusan Purdue University ini membutuhkan waktu sekitar 6 bulan dalam membangun agen perjalanannya. Awalnya, travel online ini  bergerak dengan skala bisnis kecil sebagai mesin pencari tiket pesawat dan dan reservasi hotel. Saat internet di Indonesia sedang berkembang, rintisan usahanya mulai dilirik banyak orang. Dalam kurun waktu beberapa bulan, pelanggannya semakin bertambah dan bisnisnya semakin berkembang.
Meskipun begitu dalam merintis usahanya, dia juga menemukan kendala dalam memperoleh kepercayaan. Semua dilaluinya dengan memberikan pelayanan terbaik dan sifat optimisnya. Kendala yang masih dirasakannya saat ini adalah banyak maskapai yang belum bisa menyediakan tiket dalam jumlah besar, tetapi menurutnya semua dapat diatasi siring perkembangan teknologi komunikasi dan informasi di Indonesia.
Saat ini Traveloka didukung oleh 144 tenaga professional ahli dengan latar pendidikan dari dalam dan luar negeri. Dengan begitu mereka semakin mampu menciptakan berbagai inovasi mengembangkan pelayanan sehingga semakin baik. Agar masyarakat semakin mengenal Traveloka, Ferry sedang gencar melancarkan promosi dan marketing, menggunakan jejaring sosial seperti Website dan Twitter dan media televisi.
Situs ini sudah diakses oleh lebih dari 150.000 kunjungan dan berhasil menjual puluhan ribu tiket setiap harinya. Traveloka berhasil unggul dan menjadi situs booking pesawat nomor satu di Indonesia dengan berbagai tawaran yang menarik. Diantaranya adalah memberikan pilihan harga tanpa membebankan biaya transasksi kepada konsumen, pelayanan 24 jam melalui email, telepon dan media sosial dan metode pembayaran yang beragam sehingga memudahkan customer. Fokus dari Traveloka saat ini adalah mempertahankan dan membesarkan bisnis agen perjalanan dengan membuat desain web semenarik mungkin sehingga lebih mudah dipahami oleh konsumen.

1     Traveloka merupakan salah satu Perusahaan Unicorn. Traveloka menyediakan berbagai layanan meliput :
      
1.   Tiket pesawat terbang,
          Tiket pesawat terbang meliputi penerbangan Domestik dan Internasional.

      2.    Hotel,
           Hotel dalam dan luar negeri yang telah bekerja sama dengan traveloka.

      3.    Tiket tempat wisata,
           Tiket tempat – tempat wisata dalam dan luar negeri.

      4.    Kereta,
           Tiket kereta api dan kereta bandara.

      5.    JR Pass,
           Tiket kereta Jepang seperti Shinkansen.

      6.    Tiket bis & Travel,
           Tiket bis & Travel dalam negeri.

      7.    Airport Transfer,
           Sewa kendaraan untuk pergi ke lokasi setelah keluar dari bandara.

      8.    Restoran,
           Menampilkan rating restoran dan harga tiap menu.

      9.    Top-up & Data Packages
           Pembelian pulsa, paket data, dan Top-up


Traveloka


Traveloka bekerja sama dengan lebih dari 100 maskapai domestik dan internasional,  melayani lebih dari 200.000 rute penerbangan ke seluruh dunia serta memiliki inventori pemesanan akomodasi terbesar, bervariasi mulai dari hotel, apartemen, guest house, homestay, vila, dan resor. Semua itu didukung oleh lebih dari 40 metode pembayaran untuk seluruh pelanggan di Indonesia, Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, dan Filipina.
Traveloka didirikan Maret 2012 oleh Ferry Unardi dan dua kawannya, Deranto Kusuma dan Albert Zhang. Awal berdirinya, mereka hanya memiliki 8 orang sebagai perintis bisnis online ini. Traveloka mulai muncul ke publik pada Oktober 2012 dan perlahan namanya dilirik oleh investor. Traveloka telah dikunjungi lebih dari 400 ribu kali yang mencari tiket pesawat di 200 kota. Kini perusahaan tersebut telah mempekerjakan hampir 2 ribu karyawan di Asia Tenggara dan seperempatnya dari jumlah karyawan saat ini adalah software engineer. 

Traveloka memiliki beberapa cabang kantor di beberapa negara asia tenggara lainnya seperti :

     Jakarta, Indonesia (kantor utama)

 


Kantor Singapura, Singapore



Kantor Malaysia, Kuala Lumpur



 Kantor Vietnam, Kota Ho Chi Minh

 


Kantor Thailand, Bangkok



Kantor Fillipina, BGC Metro Manila


Investasi

Pada bulan November 2012 perusahaan Traveloka mengumumkan investasi tahap awal oleh East Ventures. Pada bulan September 2013 perusahaan Traveloka mengumumkan investasi seri A oleh Global Founders Capital. Dana dari investasi digunakan untuk membangun layanan baru seperti pemesanan hotel dan paket wisata.
Cara traveloka mendapat keuntungan
·  Komisi dari maskapai antara 2–10%, tergantung tipe maskapai dan perjalanan (selisih nta-Net To Agent dengan Publish Fare)
·      Rebate yang ditambahkan bila berhasil menjual tiket dengan nominal jumlah tertentu
·    Deal dengan bank atau insititusi lain yang menggunakan pembayaran melalui traveloka
·        cross selling dengan produk lainnya seperti hotel
·        dan deal-deal commercial traveloka yang menjadi rahasia dapur mereka

*info tambahan
Sebelumnya Traveloka pernah bilang sedang mencari US$ 400 juta untuk bisa melebarkan sayap tak hanya di industri pemesanan tiket pesawat dan hotel saja. Selain beroperasi di Indonesia, unicorn ini juga berkiprah di Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, hingga Filipina.


2 comments:

  1. Thanks infonya. Oiya ngomongin startup, temen-temen penasaran ga sih bagaimana cara mereka mendapatkan keuntungan? Maklum aja, soalnya kan mereka sering banget tuh yang namanya ‘bakar duit’. Yuk, cek jawabannya di sini: Cara startup mendapat keuntungan

    ReplyDelete
  2. Kami CV. BAHAGIA SUKSES MAKMUR Jasa pembuatan LED display/videotron yang merupakan sebuah panel layar yang memiliki fungsi untuk menampilkan gambar, video, chart, diagram atau apapun juga Fungsi videotron biasanya digunakan untuk pelengkap dalam sebuah acara, baik itu acara yang berupa hiburan seperti konser ataupun yang bersifat formal seperti reuni, pelantikan dan lain lain



    Bagi Bapak/Ibu yang berminat silahkan hubungi nomor dibawah ini
    NO. HP :081996000567 (LINA)
    Alamat Ruko Cendana raya 15 a Tangerang, Bencongan indah, Karawaci Tanggerang


    Note : harga per meter

    #Videotronindoneisa#videotrontangerang#videotronjakarta#videotronbekasi#videotronbogor#videotrondepok #videotronbandung#videotronbali#videotronsurabaya

    ReplyDelete