aringga96 Blog

Perkenalkan Saya Riza. Selamat Datang di Blog Saya

Tuesday, March 14, 2017

Tokoh Wayang Dewi Utari


Latar Belakang Utari dalam kisah Mahabharata


Image result for wayang utari           Image result for wayang utari

Utari (Dewanagari: उटरा; IASTUttarā) (disebut Utarā dalam bahasa Sanskerta) adalah nama putri bungsu Wirata dari Kerajaan Matsya. Ketika naskah Mahabharata disadur ke dalam bahasa Jawa Kuno, tokoh Utarā pun diganti namanya menjadi Utari, misalnya dalam naskah Kakawin Bharatayuddha yang ditulis tahun 1157. Ketika kisah Mahabharata dipentaskan dalam pewayangan, para dalang lebih suka memakai nama Utari daripada Utarā.
Dalam kitab keempat Mahabharata yaitu Wirataparwa dikisahkan bahwa Utari berlatih seni tari kepada Arjuna yang saat itu sedang menjalani hukuman penyamaran sebagai seorang waria bernama Wrehanala.
Ketika masa penyamaran kelima Pandawa dan Dropadi di Kerajaan Matsya berakhir, Wirata merasa bersalah karena telah memperlakukan mereka dengan kurang baik. Ia pun menyerahkan Utaraa kepada Arjuna sebagai tanda penyesalan dan minta maaf. Namun Arjuna sudah terlanjur menganggap Utari sebagai anak. Maka, Utari pun diambil sebagai menantu untuk dinikahkan dengan Abimanyu, putranya yang tinggal di Dwaraka.
Abimanyu sendiri akhirnya gugur pada hari ke-13 dalam perang besar di Kurukshetra atau perang Baratayuda, dan meninggalkan Utari dalam keadaan mengandung. Putra hasil perkawinan mereka tersebut setelah lahir diberi nama Parikesit.



Image result for wayang utari



Dewi Utari adalah putri bungsu Prabu Matswapati/Durgandana, raja negara Wirata dengan permaisuri Dewi Ni Yutisnawati/Rekatawati, putri angkat Resi Palasara dengan Dewi Durgandini. Ia mempunyai tiga orang saudara kandung masing-masing bernama, Arya Seta, Arya Utara dan Arya Sangka/Wratsangka.


Dewi Utari mempunyai sifat perwatakan halus, wingit, jatmika (selalu dengan sopan santun) dan sangat berbakti. Ia wanita kekasih Dewata yang mendapatkan anugrah Wahyu Hidayat. Dewi Utari menikah dengan Raden Abimanyu/Angkawijaya, putra Arjuna dengan Dewi Sumbadra, yang telah mendapat anugrah Dewata berupa Wahyu Cakraningrat. Dengan demikian mereka telah dikodratkan akan menurunkan raja-raja besar.


Saat Dewi Utari hamil dan kandungannya memasuki usia sembilan bulan, Raden Abimanyu, suaminya gugur di medan perang Bharatayuda. Ia melahirkan di Istana Astina, sesudah berakhirnya perang Bharatayuda dan keluarga Pandawa sudah boyongan dari Amarta ke Astina. Oleh Resi Wiyasa/Bagawan Abiyasa, putra Dewi Utari tersebut diberi nama Parikesit, yang setelah dewasa menggantikan kedudukan Prabu Karimataya/Yudhistira menjadi raja negara Astina.

Kesimpulan :
Utara alias Utari dalam kisah mahabharata ialah seorang anak dari Prabu Mastwapati alias Wirata yang sedang belajar menari dengan Arjuna (seorang ayah dari Ksatria muda Abimanyu dari pihak Pandawa)yang sedang menjadi masa hukuman yang diberikan oleh ayah Utari (Wirata).
kemudian dinikahkannya Utari dengan Abimanyu sebagai dalam bentuk penyesalan atas hukuman yang diberikan Wirata kepada Arjuna. disela - sela terakhir saat perang diKurukshetra ia gugur dimedan perang dan meninggalkan Utari yang sedang mengandung Parikesit diusia 9 bulan didalam kandungannya...

2 comments:

  1. http://beritajudionlinevipbandarq.blogspot.com/2017/05/pengertian-permainan-bandar-poker.html

    ReplyDelete
  2. http://beritajudionlinevipbandarq.blogspot.com/2017/05/pengertian-permainan-bandar-poker.html

    ReplyDelete