aringga96 Blog

Perkenalkan Saya Riza. Selamat Datang di Blog Saya

Tuesday, March 21, 2017

Masakan Favorit Buatan Rumahan

hmmm...dikala teriknya matahari menahan panas karena sinarnya saat perut keroncongan terkadang aku kebingungan untuk mengisi perut kosongku, mestikah aku membeli makanan diluar atau menyantap masakan ibuku sendiri. Serasa hambar rasanya bila memakan masakan yang tidak aku sukai, model - modelku maaf saja, orang yang suka pilah - pilih makanan terutama makanan dirumah yang dimasak oleh ibuku. Jadi kalau ibuku memasak makanan yang sesuai dengan seleraku alias srek dilidah yaa aku makan tetapi bilaa ibuku masak masakan yang bukan favorit kesukaanku yaa aku mending beli diluar aja dah. heheheh...XD maaf, penulisnya rada boros. Ibuku sebenarnya sudah tau mana masakan yang aku suka dan mana yang tidak. tetapi ada suatu alasan mengapa ibuku tidak terus saja yaa memasak makanan yang aku suka, biar aku selalu betah untuk menyantap habis hidangan yang dimasak ibuku. Alasannya karena ibuku berpikir seleraku dengan ayahku berbeda jadi ibuku selalu punya inspiratif untuk memasak agar bisa dimakan oleh seluruh penghuni dirumah. jadi tidak selalu makanan favoritku disukai oleh ayahku begitu juga sebaliknya. terkadang ayahku juga boros, ada masakan dirumah, tetapi malah beli makanan diluar yang tidak tahu seberapa higienisnya. Intinya ibuku memasak untuk bisa dimakan oleh satu rumah. untuk para pembaca sekalian, nih aku bagiin beberapa makanan favoritku khas ala resep rumahan heheheh XD...

Yang Pertama yang biasa ibuku masak untukku  :
                                      Image result for telur balado
ini salah satu masakan kesukaanku yang dimasak ibuku, ayahku juga suka masakan ini. sering-sering ibuku memasak ini hampir tidak ada bosan bosannya masak makanan ini karena selalu laku disantap sekeluarga hahahah.. ini dia resepnya :

Bahan-bahan :

6 butir telur ayam
3 sdm minyak goreng untuk menumis
Bumbu:
Haluskan
6 butir bawang merah
3 butir bawang putih
10 buah cabai merah keriting
5 buah cabai rawit merah
1 butir kemiri
1 buah tomat
1 sdt garam
1 sdt bumbu penyedap rasa ayam
100 ml air

Cara membuat :

1. Rebus telur bebek hingga matang, kupas kulitnya, dan goreng dalam minyak banyak hingga bagian     luarnya menguning.
2. Panaskan minyak di wajan, tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum.
3. Masukkan telur yang sudah di goreng, aduk rata, tambahkan air. Biarkan bumbu meresap. Angkat       dan sajikan.

Simpel kan..
aku juga kayanya bisa membuatnya. enggak lengkap rasanya bila tidak ditambahkan nasi, nasi?Ya iyalaahhh.. masa makan lauk ga pake nasi, emang orang bule?kalo iya sih gapapa heheheh.. salah kata saya, maksudnya enggak lengkap bila tidak ditambahkan assisten lauk penghidangnya yang biasa ibuku masak yaitu :
Image result for capcay
Capcay 
taraaaatzz... tumis capcay, aku biasanya kalo makan telur balado dibarengi dengan ini untuk sebagai penyeimbang makanan. kalo gada ini rasanya kering-kering hambar aja bro hahahah.. nih aku bagiin resepnya ga jauh beda kok resep ibuku sama resep yang ada digugel..


Bahan-bahan :

4 porsi
150 gram Dada ayam fillet
100 gram Udang
1 buah Wortel
100 gram Sawi mie
100 gram Sawi putih
100 gram Bunga kol
1 buah Tomat hijau
150 ml Air

Bumbu :

1 buah Bawang bombay
2 siung Bawang putih
1 buah Cabe merah
3 buah Cabe rawit
2 sendok makan Saos tiram
1 sendok makan Saos tomat
secukup rasa Garam
1 sendok teh Merica halus
1 sendok makan Tepung maizena
3 sendok makan Minyak goreng

Cara Membuat :

1. Cuci daging ayam, potong-potong sesuai selera.
    Kuliti udang, tinggalkan bagian ekornya lalu cuci bersih.

2. Potong serong wortel dan sayur dirajang kasar.

#  Bumbu :

3. haluskan bawang putih. Iris bawang bombay, cabe dan tomat.

4. Tumis bawang bombay, bawang putih dan irisan cabe. Lalu masukkan daging ayam dan udang.           Tumis hingga setengah matang.

5. Kemudian masukkan wortel dan bunga kol. Setelah itu masukkan sayur dan tomat. Begitu juga           garam, merica, saos tomat, saos tiram dan tepung maizena yang dicampur air 150 ml.

Aduk sebentar sampai kuah mengental dan mendidih. Matikan api dan capcay kuah siap dihidangkan.

yang ini memang agak ribet tapi kalo gada makanan ini yaa apalah dayaku, kering2ngan doang (Lebay)heheheh...ini aku bagiin makanan favoritku yang terakhir..

                                    Image result for semur daging

    yaa apalah atuh cuman semur daging. sederhana banget kan. ga yang munafik2 cuman masakan rumah yaa toh pilihanku begini yang kusuka, ga yang terlalu mewah ato enak2 banget kan cek budget juga kalo budgetnya tinggi yaa banyak masakan atau makanan ibuku yang lebih aku sukai dibanding ini. yaa ibuku jago masakk. bisa masak makanan apa aja, tapi yang biasanya begini. Mohon maaf bila artikel blognya kurang menarik, dibuat sesederhana mungkin biar kesannya penulis orangnya sederhana heheheh.. terimakasih bagi yang sudah membaca blogku semoga diperlancar rejekinya. kalo ada yang mau komentar silahkan... :)
                                         

0 comments:

Post a Comment